Search

Kapolda Papua: Kelompok Puron Wenda Punya 40 Senjata Api

Tidak mudah mengejar dan menangkap kelompok tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kapolda Papua Irjen Polisi Martuani Sormin memperkirakan kelompok kriminal sipil bersenjata (KKB) pimpinan anggota Puron Wenda memiliki 40 senjata api atau senpi. Senjata yang dimiliki kelompok Puron tersebut merupakan hasil rampasan saat menyerang pos dan anggota TNI dan Polri.

"Aparat keamanan akan terus melakukan pengejaran hingga yang bersangkutan tertangkap," kata Irjen Polisi Sormin, Selasa (13/11).

Martuani Sormin mengatakan, memang tidak mudah melakukan pengejaran dan menangkap kelompok tersebut. Ini karena berbagai faktor yang mempengaruhi selain medan yang memang berat juga oksigen yang tipis.

"Oksigen yang tipis sangat mempengaruhi anggota dalam melakukan pengejaran sedangkan bagi masyarakat tidak mengalami kendala karena memang sudah beradaptasi dengan lingkungan," kata Sormin.

Menurut Sormin, untuk mencapai Balingga yang selama ini menjadi markas KKB pimpinan Purom hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki. Yaitu, mendaki gunung yang kiri kanannya jurang.

"Bahkan helikopter saja tidak bisa menjangkau kawasan itu karena helikopter hanya mampu terbang diatas ketinggian 8.000 feet sementara kawasan Balingga berada diatas 12 ribu feet," kata Sormin.

Namun kondisi itu tidak akan menjadi penghalang dalam melakukan pengejaran terhadap KKB. Dari laporan yang diterima terungkap kontak senjata saat evakuasi tukang ojek yang ditembak Jumat (2/11) tercatat tiga orang anggota KKB tewas.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2QCf7Pd

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kapolda Papua: Kelompok Puron Wenda Punya 40 Senjata Api"

Post a Comment

Powered by Blogger.