Search

Dorongan Ekonomi Buat Remaja Mabuk dengan Rebusan Pembalut

KPAI meyakini pelaku sudah kecanduan hingga 'kreatif' dengan rebusan pembalut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar remaja yang mencoba mabuk menggunakan air rebusan pembalut menjadi viral. Kabarnya para pelaku merupakan remaja di Jawa Tengah.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Sitti Hikmawatty mengatakan berdasarkan penelusuran pihaknya mendapatkan indikasi dorongan ekonomi yang membuat remaja mengonsumsi air rebusan pembalut untuk mabuk. "Mereka melakukan percobaan ini, karena tidak mampu membeli karena tidak punya biaya, sementara mereka sudah kecanduan," kata Hikmah yang merupakan komisioner KPAI Bidang Kesehatan dan NAPZA di Jakarta, Kamis (8/11).

Faktor biaya membuat remaja-remaja di berbagai daerah itu berupaya mencari tahu dengan bantuan informasi internet untuk mabuk dengan meracik sendiri ramuan-ramuan sendiri. Menurut dia, anak-anak saat ini banyak yang cerdas karena berbekal internet bisa membuat beberapa varian baru dari racikan coba-coba.

"Dan di situ tingkat risiko/ bahaya menjadi meningkat karena mereka hanya fokus pada satu zat tertentu dalam sebuah bahan. Tapi zat lainnya cenderung diabaikan sehingga reaksi sampingan yang terjadi bisa berakibat fatal," katanya.

Dia mengatakan KPAI terus berkoordinasi dengan banyak pihak agar fenomena itu bisa ditangani. "Namun tetap saja garda terdepan ada di dalam keluarga dan lingkungan terdekat di mana anak tinggal," katanya.

Deteksi dini atas perubahan perilaku anak-anak jika tidak ada alasan yang wajar maka perlu menjadi bahan bagi para orang tua agar menjadi lebih waspada. Dia mengatakan KPAI merasa sangat prihatin dengan semakin banyaknya kasus ditemukan anak-anak yang meminum rebusan pembalut.

Sesuai data yang masuk di KPAI, Hikmah mengatakan kasus itu bukanlah hal baru. "Pada saat kami tangani kasus penyalahgunaan PCC 2017 lalu juga sudah kita temui tapi jumlahnya relatif kecil," kata dia.

Dia mengatakan kegiatan remaja yang mencari alternatif zat yang dapat membuat mereka sakau, tenang ataupun gembira, awalnya didapatkan secara coba-coba. "Jadi kalau kita mengenal beberapa golongan psikotropika di luar narkoba, maka beberapa zat 'temuan' para remaja itu termasuk kelompok eksperimen psikotropika" katanya.

Hikmah mengatakan jumlah remaja itu belum bisa diprediksi karena berkaitan erat dengan jumlah anak serta kreativitas mereka "meramu" bahan-bahan yang mudah di dapat di pasaran. "Minum air rebusan pembalut juga di dapat dari coba-coba, selain fenomena lain seperti ngelem dan lain-lain," katanya.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2z03ZF9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dorongan Ekonomi Buat Remaja Mabuk dengan Rebusan Pembalut"

Post a Comment

Powered by Blogger.