Search

Anna Shopanah Ungkap Alasan Mundur dari Bupati Indramayu

Pengunduran dirinya murni karena alasan fokus mengurus keluarga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Bupati Indramayu, Anna Shopanah, menemui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Selasa (13/11). Kepada Tjahjo, Anna menjelaskan alasan pengunduran dirinya dari jabatan bupati. 

Anna diterima Mendagri secara langsung di Kantor Kemendagri, Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa siang. Selain Mendagri, Dirjen Otonomi Daerah (Otda), Sumarsono, juga ikut menemui Anna. 

Saat mengungkapkan alasannya, Anna menampik jika dugaan keterlibatan dirinya atas kasus korupsi menjadi alasan dirinya mundur. 

"Tidak ada kaitan sama sekali (dengan kasus di KPK). Murni karena keluarga. Terus terang Pak Menteri, saya tidak bisa membagi waktu. Apalagi Pak, suami saya sakit-sakitan. Saya ingin fokus mengurus keluarga, agar penyesalan dulu waktu ibu saya meninggal tidak terjadi lagi kepada bapak (ayahnya)," ujar Anna kepada Tjahjo Kumolo yang juga disaksikan awak media. 

Anna juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Indramayu dan para pendukungnya. Menurut Anna, pada periode pertama masa jabatannya, dia masih bisa melakukan tugas dengan baik. 

Dia mengakui, memasuki periode kedua masa jabatan dirinya tidak bisa membagi waktu. Karena pertama, ketika ibundanya sakit, kemudian meninggal, ini meninggalkan penyesalan yang berkepanjangan. 

“Banyak sekali keinginan keinginan beliau (ibu) yang belum bisa saya penuhi secara pribadi. Kemudian sekarang bapak juga sakit," lanjut Anna. 

Anna pun menyampaikan ayahnya sangat membutuhkan perhatiannya. Sehingga, dengan mempertimbangkan berbagai hal, dan setelah melewati perundingan dengan keluarga, dirinya memutuskan mundur sebagai Bupati Indramayu. 

"Ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memutuskan mundur. Saya takut kehilangan bapak sama seperti ketika ibu meninggal," kata Anna. 

Lebih jauh dia menjelaskan jika secara lisan, pengunduran dirinya telah disampaikan kepada Parpol pendukung. Namun, akan ada pembicaraan lebih lanjut dengan Parpol pendukung dan parpol pengusungnya. 

Meski demikian, menurut Anna, parpol pendukung maupun parpol pengusung sudah menerima pengunduran dirinya. Terakhir, dirinya juga menungungkapkan jika sudah mendapat persetujuan dari DPRD Kabupaten Indramayu. 

"Semuanya bulat menerima. Karena prosesnya dari pandangan fraksi hingga paripurna semua sepakat menerima pengunduran diri bupati," jelas Anna. 

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2qJH64r

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Anna Shopanah Ungkap Alasan Mundur dari Bupati Indramayu"

Post a Comment

Powered by Blogger.