Search

Mudah Terkena Flu, Ini Cara Efektif untuk Menjauhkannya

Menjauhkan tangan dari wajah adalah salah satu cara jauhkan diri dari Flu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Influenza datang tanpa diundang apalagi bila ditambah cuaca dingin maupun panas. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjauhkan diri dari kedinginan dan flu adalah menghentikannya sebelum terjadi.

Berikut telah kami rangkum lima cara untuk melakukan itu dilansir melalui India Times

1. Dapatkan cukup Vitamin D

Studi menunjukkan bahwa orang dengan tingkat Vitamin D yang lebih rendah jauh lebih mungkin menderita pilek dan flu dibandingkan dengan mereka yang mendapat cukup vitamin D. Vitamin D membantu mengaktifkan respons melawan infeksi Anda. Mendapatkan cukup vitamin D dari makanan Anda sendiri sangat sulit, jadi Anda harus berbicara dengan dokter Anda dan mendapatkan suplemen yang tepat.

2. Jauhkan tangan dari wajah Anda

Mungkin Anda tidak memperhatikan tetapi Anda sering menyentuh wajah Anda. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 menemukan bahwa rata-rata seseorang menyentuh wajahnya 16 kali per jam.

Karena Anda meletakkan tangan pada banyak hal dan pada banyak permukaan, mudah untuk mendapatkan virus di tangan Anda dan dari sana ke wajah atau mulut Anda dan berakhir di sistem anda. Juga, hindari berjabat tangan dengan orang lain jika tidak perlu. 

Mencuci tangan dengan cara yang benar adalah penting. Gunakan sabun setidaknya selama 20 detik. Gunakan pembersih ketika Anda tidak bisa mencuci tangan.

3. Bersihkan HP anda

Luangkan waktu sebentar dan pikirkan semua tempat di mana Anda meletakkan ponsel Anda. Kios kamar mandi, meja dapur, meja kerja, dashboard mobil, meja restoran dan di mana tidak. Menurut sebuah studi 2012 oleh University of Arizona, ponsel Anda membawa 10 kali lipat jumlah bakteri daripada tempat duduk toilet.

4. Konsumsi zat besi

Tingkat zat besi yang cukup dalam tubuh dapat menurunkan pertumbuhan virus. Selain itu, minum tablet zat besi tepat setelah gejala dimulai dapat membantu mengurangi durasi dan keparahannya.

5. Memiliki probiotik

Bakteri baik dalam makanan probiotik dapat memberi sistem imun Anda dorongan yang dibutuhkan. Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Science and Medicine in Sports menemukan bahwa pemain rugby yang mengonsumsi suplemen probiotik mengalami lebih sedikit pilek dan infeksi saluran cerna sehingga mereka yang tidak mengonsumsi probiotik. Orang yang memakai probiotik mungkin terkena pilek dan flu tetapi gejala mereka akan kurang kuat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi probiotik.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2CJoMjO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mudah Terkena Flu, Ini Cara Efektif untuk Menjauhkannya"

Post a Comment

Powered by Blogger.