Search

Tinjau Lokasi Gempa, Jokowi Janji Pantau Penanganan Bencana

Presiden pun menyempatkan diri berbincang dengan warga setempat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi lokasi terdampak gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Ahad (30/9). Salah satunya yakni di Kompleks Perumnas Balaroa yang merupakan salah satu kelurahan yang terdampak gempa cukup parah.

Di lokasi ini, Presiden pun menyempatkan diri berbincang dengan warga setempat. Jokowi menjelaskan, kondisi darurat di Palu saat ini lantaran akses jalan yang terputus.

"Jadi ini memang keadaan darurat karena jalan banyak yang terputus, bandara. Listrik dari tujuh gardu baru yang hidup. (Suplai) BBM juga (terhambat karena) jalan tertutup," kata Jokowi, dikutip dari siaran resmi Istana.

Terkait pasokan bahan bakar minyak (BBM), Jokowi memperkirakan akan tiba dalam waktu dua hari. Sedangkan, alat berat yang akan dikerahkan dari Mamuju, Gorontalo juga sudah bergerak menuju lokasi bencana. "Kita berdoa semoga lancar alat-alat berat sampai ke sini nanti malam," lanjutnya.

Demikian juga terkait bahan pangan dan air yang terhambat. Presiden mengatakan hal ini dikarenakan kondisi bandara yang belum siap 100 persen untuk dipakai pesawat mendarat.

"Saya harap masyarakat sabar semua. Saya tahu banyak persoalan yang harus diselesaikan dalam waktu dekat, termasuk berkaitan dengan komunikasi," ujarnya.

Mengutip rilis resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kondisi listrik padam menyebabkan jaringan komunikasi di Donggala dan sekitarnya tidak dapat beroperasi karena pasokan listrik PLN yang terputus. Terdapat 276 base station yang tidak dapat dapat digunakan.

Operator komunikasi terus berusaha memulihkan pasokan listrik secara darurat. Kemkominfo juga telah melakukan langkah-langkah penanganan untuk memulihkan komunikasi yang putus tersebut.

Presiden pun berjanji akan terus mengikuti setiap perkembangan terkait penanganan pascabencana gempa dan tsunami ini. "Ini akan terus saya ikuti, semua akan kembali. Setelah normal baru tahap rehabilitasi dan rekonstruksi rumah-rumah seperti ini," ujarnya.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2NaBpVN

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tinjau Lokasi Gempa, Jokowi Janji Pantau Penanganan Bencana"

Post a Comment

Powered by Blogger.