Search

Bus Transjakarta Berisi Penumpang Terguling

Bus Transjakarta terguling di ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebuah bus Transjakarta koridor 6M yakni jurusan Stasiun Manggarai-Blok M, terguling di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, tepatnya tidak jauh dari Plaza Mandiri. Peristiwa tersebut terjadi pada hari ini, Kamis (20/9) sekitar pukul 13.30 WIB.

Setidaknya ada puluhan orang yang sempat terperangkap di dalamnya, karena kondisi bus memang sedang penuh. “Saya mau kerja. Iya penuh (busnya), kalau yang saya lihat sopirnya kayak ngantuk gitu, itu yang saya lihat,” ujar salah seorang penumpang yang menjadi korban bernama Tyas (18) saat ditemui di lokasi kecelakaan, Kamis (20/9).

Kecurigaan penumpang lain rupanya memang sudah terasa sejak jauh sebelum sampai di lokasi, begitupun Tyas yang baru naik di Halte Busway Gatot Subroto Jamsostek. Semua penumpang merasa ada yang tidak beres karena bus sudah terasa goyang.

“Iya kelihatannya, jalannya sudah mulai goyang-goyang gitu. Saya juga nggak engeh mulai goyangnya dari mana, karena saya naik dari Gatsu (Gatot Subroto). Kata penumpang lainnya goyang-goyang sudah ngantuk tapi saya nggak tahu juga,” jelas dia lagi.

Saat bus terguling posisi Tyas berada tepat di kanan belakang sopir, sehingga saat mobil terguling ke kiri langsung membentur separator busway. Kemudian bus oleng ke kanan dan Tyas posisinya saat itu ditindih oleh beberapa orang.

“Dia ke kiri dulu, terus mentok trotoar beberapa, nyerempet langsung jatuh ke kanan, saya ditimpa orang-orang. Soalnya bejubel juga orangnya. Posisi saya di kaca,” papar Tyas.

Seluruh penumpang panik, ada yang menangis juga tetapi semua berusaha untuk keluar dari bus dengan memanjat bangku-bangku bus. “Saya salut sama petugas Transjakarta-nya, dia pecahin kaca pakai handphone-nya,” kata Tyas.

Selain itu, empat korban ada yang dilarikan ke Rumah Sakit Mintoharjo, Jakarta Pusat, karena mengalami luka-luka akibat peristiwa tersebut. Salah seorang petugas kepolisian lalu lintas yang berada di lokasi AKBP Mukidi mengatakan, keempat korban mengalami luka-luka seperti lecet, dan ada yang mengalami sesak di dada.

"Ada empat korban tiga perempuan dan satu laki-laki, satu dadanya sesak dan sisanya luka ringan di bagian tangan. Mereka sudah dibawa ke RS Mintoharjo," ujar dia di lokasi.

Bus yang ringsek itu telah dibawa ke Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya yang berada di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan. Bus tersebut pun mengalami rusak-rusak di bagian badan dan kaca yang pecah di sebelah kanan.

"Sopirnya sudah dibawa ke Pancoran, bus Transjakarta-nya juga. Selebihnya proses dilakukan di Pancoran," ucapnya.

Sementara itu pihak Transjakarta telah membawa korban bus lainnya ke terminal Transjakarta yang berada di Blok M, Jakarta Selatan. Berdasarkan keterangan yang diberikan oleh petugas Transjakarta yang berada di bus tersebut, jumlah penumpang bus cukup ramai sekitar 20-25 penumpang.

"Tadi sopirnya ngaku kalau dia ngantuk. Jumlah penumpang ada sekitar 20-25 orang," tutur Mukidi.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2xrX3jc

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bus Transjakarta Berisi Penumpang Terguling"

Post a Comment

Powered by Blogger.