Search

Ini Alasan Undip Beri Gelar Doktor Kehormatan Puan Maharani

Puan Maharani telah berkontribusi terhadap hubungan baik antarbangsa dan negara lain.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Universitas Diponegoro (Undip) memiliki alasan tersendiri untuk menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa (HC) kepada Ketua DPR RI, Puan Maharani. Selain banyak berkontribusi terhadap hubungan baik antar bangsa dan negara lain-dalam bidang sosial budaya, kebijakan pembangunan kemanusiaan dan kesejahteraan umat manusia-Puan Maharani juga aktif mempromosikan kebudayaan Indonesia dalam perhubungan antar negara.

Hingga kiprah salah satu dari cucu Proklamator, Bung Karno ini, jamak mendapatkan pengakuan serta menerima penghargaan, baik dari lembaga-lembaga nasional maupun dari lembaga internasional.

Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum mengatakan, Puan Maharani secara nyata telah berkontribusi terhadap hubungan baik antarbangsa dan negara lain. Baik dalam bidang sosial budaya, kebijakan pembangunan kemanusiaan dan kesejahteraan umat manusia.

Sehingga persetujuan bulat Senat Akademik Undip untuk memberikan gelar kehormatan akademik tersebut karena melihat kontribusi Puan Maharani yang sangat signifikan kepada ilmu pengetahuan, seni dan budaya, juga perhubungan antar bangsa dalam kebudayaan dan kemanusiaan.

“Baik secara pribadi, maupun dalam kapasitas beliau sebagai Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan maupun juga sebagai Ketua DPR,”  ujar  Prof Yos, panggilan akrab Yos Johan Utama, di Semarang, Kamis (13/2).

Dr HC Puan Maharani yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPR RI merupakan putri dari Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri telah banyak menerima penghargaan. Di antaranya meraih penghargaan Bintang Bhayangkara Utama dan anugerah penghargaan 'Eminent Women of the Year 2019' dari Majalah Her Times.

Bahkan Puan juga menjadi tokoh pertama--di luar Arab Saudi--yang menjadi tamu kehormatan dalam  Festival Kebudayaan Janadriyah atau festival budaya tahunan yang digelar di Desa Janadriyah, ibu kota Arab Saudi, Riyadh.

Puan Maharani bahkan mendapat kesempatan berpidato pada pembukaan festival ke-33 yang di gelar di Riyadh, Arab Saudi, di depan Raja Salman Bin Abdul Aziz Al Saud dan Putra Mahkota Pangeran Muhamammad Bin Salman.

“Maka, penganugerahan gelar doktor kehormatan, merupakan bentuk pengakuan dan penghargaan yang diberikan Undip kepada seorang putra/putri bangsa yang memiliki kontribusi yang luar biasa terhadap bangsa dan negara,” tambah Rektor Undip.

Hal ini diamini oleh Ketua Senat Akademik Undip, Prof Dr Sunarso. Dia menegaskan, Senat Akademik Undip secara bulat menyetujui penganugerahan tersebut.

Rencananya, penganugerahan gelar Doktor HC dalam bidang Kebudayaan dan Kebijakan Pembangunan Manusia, kepada Puan Maharani akan diberikan melalui sidang terbuka di Gedung Prof Dr Soedarto SH, di Tembalang, Jumat (14/2) besok.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2SmckNk

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Alasan Undip Beri Gelar Doktor Kehormatan Puan Maharani"

Post a Comment

Powered by Blogger.