Search

6 Tips Hemat Selama Puasa

Bulan puasa penting untuk menjaga tetap hemat berbelanja.

Bulan Ramadan telah tiba, waktunya bagi umat muslim menjalankan ibadah puasa. Jika dihitung secara logis, pengeluaran selama bulan puasa seharusnya menurun karena pengeluaran untuk makan berkurang. Dari yang biasanya membeli cemilan, makan 3 kali sehari, menjadi hanya 2 kali dalam sehari. Namun apakah betul begitu?

Ternyata, tidak juga. Berdasarkan pengalaman banyak orang, selama bulan puasa ini pengeluaran malah jadi melonjak 2 hingga 3 kali lipat. Mengapa? 

Karena kamu akan lebih sering melakukan aktivitas bersama teman-teman maupun keluarga selama bulan ini, termasuk urusan buka puasa bersama alias bukber yang kadang bikin boros. Nah untuk kamu yang mau menjalani bulan suci ini dengan tetap berhemat, simak tips-tipsnya.

Baca Juga: Harga Kartu, Cara Isi dan Cara Cek Saldo Indomaret Card

1. Buat Daftar Menu Selama Satu Bulan

Tentukan Daftar Makanan Sebulan via shutterstock

Di bulan Ramadan ini, kamu harus lebih menata menu makanan setiap harinya di saat sahur maupun berbuka. Catat pula berapa orang yang akan ikut menikmati hidangan.

Cantumkan juga bahan pangan apa saja yang dibutuhkan dan berapa banyak jumlah yang dibutuhkan.

Hal ini perlu dilakukan untuk memudahkan kamu dalam menghitung estimasi pengeluaran selama sebulan. Selain itu, kamu tidak akan memiliki sisa makanan berlebih, jadi tidak ada makanan yang terbuang sehingga bisa lebih hemat.

Tips:  Biasakan untuk mencatat menu sahur dan berbuka. Dengan begitu, kamu menjadi lebih jelas saat berbelanja bahan makanan dan terhindar dari sifat boros.  

2. Belanja Kebutuhanmu Langsung untuk Sebulan ke Depan

Belanja Untuk Sebulan Agar Murah via blogspot.comBelanja Untuk Sebulan Agar Murah via blogspot.com

Harga bahan pokok makanan menjelang dan selama Ramadan biasanya naik. Kenaikan harga ini akan berdampak besar pada membengkaknya pengeluaran bulanan kamu. Meski harga sembako dan lainnya lebih mahal, tapi kamu tetap membutuhkan bahan-bahan pokok untuk membuat menu makanan.

Supaya bisa berhemat, kamu harus berbelanja bahan pokok makanan yang bisa tahan lama untuk jangka waktu satu bulan ke depan, sehingga kamu tidak perlu membeli barang tersebut ketika harganya dalam posisi mahal nantinya. Selain hemat, aktivitas belanjamu juga jadi efektif.

Tips: Manfaatkan promo atau diskon yang ada di supermarket saat belanja, ini akan membuat pengeluaran kamu saat belanja lebih hemat. Apabila tidak terbiasa belanja untuk keperluan sebulan, upayakan untuk belanja mingguan dan selalu membawa catatan apa saja yang perlu kamu belanjakan.   

3. Batasi Buka Puasa di Luar

Sering BukBer Bikin Boros via stasiareport.comSering BukBer Bikin Boros via stasiareport.com

Saat bulan puasa, kamu akan sering menerima ajakan untuk buka bersama atau bukber oleh teman kerjamu, keluargamu, bahkan sahabatmu. Tentu hal ini sangat boleh dilakukan, karena merupakan bagian dari silaturahmi dengan orang lain. Tapi jangan sampai keseringan bukber di luar. Biasanya untuk makan di restoran berkisar mulai dari Rp30 ribuan. Belum lagi minuman dan jajan yang lainnya.

Tips: Atur jadwal berbuka puasa dengan baik. Usahakan untuk berbuka puasa dan memilih menu makanan di luar sesuai dengan bujet kamu. Bawa sendiri minuman air putih agar lebih hemat. Selain itu, kamu juga bisa bukber menggunakan dompet digital yang lagi menjadi tren pembayaran saat ini, di samping kartu debit dan kartu kredit. Contohnya saja OVO, Go-Pay, DANA, LinkAja, dan lainnya yang memberikan banyak promo di Ramadan, seperti cashback. 

Unduh saja aplikasinya dari ponsel, maka kamu bisa menikmati promo makan dan minum agar bukber lebih hemat. Lumayan kan kalau cashback-nya sampai 60%. 

Baca Juga: Promo Dining Kartu Kredit 2019 ini Cocok untuk Bukber Puasa Ramadhan

4. Bawa Bekal Dari Rumah

Bawa Bekal Dari Rumah via shutterstock 

Ketika pekerjaanmu memaksa bekerja lembur sehingga kamu tidak bisa berbuka puasa di rumah, bawalah bekal dari rumah. Membawa bekal akan membuat kamu tidak pergi buka puasa di restoran atau tempat makan lainnya. Sudah pasti harga makanan di restoran atau tempat makan akan lebih mahal dibandingkan jika kamu membawa bekal dari rumah.

Tips:  Bawalah menu bekal untuk berbuka puasa yang tidak mudah basi, dan snack berbuka seperti buah kurma atau buah-buahan segar lainnya. 

Makanan Jadi Lebih Praktis via shutterstock

Memasak makanan sendiri bisa jadi lebih murah jika dalam jumlah cukup besar, seperti untuk satu keluarga. Tapi jika kamu hanya memasak untuk diri sendiri, biaya yang kamu keluarkan untuk memasak akan jadi lebih mahal loh. Biaya untuk gas, minyak, listrik, dan bahan pokok makanan yang melonjak akan semakin menambah pengeluaranmu. Lebih baik beli makanan jadi di pasar dalam jumlah sedikit hanya untuk dirimu sendiri. Dijamin harganya akan lebih murah dan kamu bisa lebih hemat.

Tips: Membeli makanan jadi untuk sahur maupun berbuka memang lebih praktis, tapi jangan lupa pilih penjual makanan yang juga memperhatikan kebersihan. Biar lebih hemat, kamu juga bisa membeli lauk-pauk dan sayur-mayur saja, untuk nasinya bisa memasak sendiri.  

6. Membuat Kue Lebaran Sendiri

Buat Kue Lebaran Sendiri Lebih Murah via blogspot.comBuat Kue Lebaran Sendiri Lebih Murah via blogspot.com

Harga bahan makanan yang naik sering menjadi alasan bagi penjual kue Lebaran melipatgandakan harga jual kuenya. Tentu saja kamu sebagai konsumen akan sangat dirugikan, karena untuk harga satu toples kue saja, kamu harus membayar harga bahan pokok yang meningkat ditambah dengan keuntungan dari penjual. Jadi mengapa kamu tidak membuatnya sendiri saja? Kamu hanya perlu membayar harga bahan pokoknya saja. Lebih hemat bukan?

Tips: Biar hemat, beli bahan-bahan kue dalam jumlah besar, dan buatlah variasi kue-kue Lebaran dari bahan-bahan yang sama. Bagi kamu yang tidak bisa membuat kue, bisa belajar via internet, membuat kue sendiri bisa menjadi hal yang menyenangkan dan tentunya menghemat. 

Selalu Ingat untuk Berhemat

Jalani ibadah puasa dengan niat yang ikhlas, menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan puasa dan tentunya belajar untuk mengendalikan keuangan dari hal-hal yang bikin kamu jadi gampang boros. Selalu ingat kebiasaan baik yang sudah kamu lakukan selama ini agar keuanganmu tetap terjaga dan stabil setelah bulan Ramadan berlalu. Jadikan puasamu penuh hikmah dan bermakna.

Baca Juga: Tempat Makan Murah untuk Berbuka Puasa

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed http://bit.ly/2YtcP8w

Bagikan Berita Ini

0 Response to "6 Tips Hemat Selama Puasa"

Post a Comment

Powered by Blogger.