Search

Persija Pilih Ivan Kolev Gantikan Teco

Stefano Cugura menolak tawaran perpanjangan kontrak Persija.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Teka-teki pelatih Persija Jakarta untuk musim kompetisi Liga 1 2019 terjawab. Manajemen Macan Kemayoran dikabarkan sudah sepakat dengan pelatih gaek Ivan Venkov Kolev. Pelatih asal Bulgaria itu akan menggantikan peran juru taktik Stefano 'Teco' Cugurra yang menolak tawaran perpanjang kontrak klub juara Liga 1 2018 tersebut.

Direktur Utama Persija, Gede Widiade kepada wartawan  mengungkapkan, sebetulnya manajemen mengantongi dua nama calon pengganti Teco. Selain Kolev, kata dia, nama Alfred Riedl juga masuk dalam radar. Akan tetapi, Persija memilik Kolev ketimbang Riedl.

"Dia (Kolev) sudah setuju dengan penawaran kami. Dan kami memilih dia," ujar Gede, Ahad (6/1).

Kolev dan Riedl, sebetulnya sama-sama asam garam di Liga Indonesia. Kolev, bahkan menjadikan Persija sebagai tim perdana kepelatihannya di Indonesia pada 1999. Pada 2002 sampai 2004, pelatih 61 tahun itu pernah juga membesut timnas Indonesia.

Setelah itu, ia pun malang melintang di Liga Indonesia, bersama tim-tim papan atas, seperti Mitra Kukar FC, Persipura Jayapura, dan Sriwijaya FC. Setelah menghilang dari gelanggang Liga Indonesia selama lima tahun sejak 2012, ia kembali lagi ke Indonesia pada musim 2017.

Saat itu ia menjadi pelatih PS TNI yang saat ini berganti nama menjadi PS Tira. Kolev menjadi pengganti pelatih asal Prancis, Lauren Hatton yang dipecat lantaran tak mampu membawa Skuat Tentara, ke performa maksimal. Tetapi di PS TNI, pun Kolev tak lama. 

Pada September 2017, setelah tiga pekan melatih Abduh Lestaluhu dan kawan-kawan, Kolev pun dipecat. Lepas itu pelatih kelahiran 1957 itu, berstatus tak punya klub. Kini Kolev mendapatkan tawaran melatih dari Persija.

Gede melanjutkan, meski belum resmi ikat kontrak, tetapi Kolev dijadwalkan tiba di Jakarta memastikan tuntasnya proposal kepelatihan. Menurut Gede, Kolev akan tiba di Jakarta pada 12 atau 13 Januari mendatang.

"Kira-kira dalam pekan depan, dia sudah berada di Indonesia untuk memastikan tawaran dari kami (Persija)," ujar Gede.

Tugas besar

Jika Kolev resmi bergabung ke Persija, tentu akan menjadi tugas besar baginya.  Kolev tentunya dituntut mampu mempertahankan reputasi gemilang Macan Kemayoran yang sudah diraih Teco sepanjang 2018.

Musim lalu, setelah dua tahun bersama tim Macan Kemayoran, Teco berhasil meraih tiga gelar di 2018. Yaitu, sebagai juara turnamen Boost Sport Super Fix di Malaysia dan Piala Presiden sebagai trofi pramusim 2018.

Paling istimewa, tentunya Teco berhasil membawa Persija sebagai juara Liga 1 2018. Gelar tertinggi pertama Macan Kemayoran setelah 17 tahun tak pernah berhasil menguasai podium utama kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Tanah Air.

Sejumlah catatan prestasi itu, sekaligus membawa Teco sebagai pelatih terbaik di Liga 1 2018. Satu kegagalan Teco pada musim lalu, yaitu menembus final Piala AFC 2018 zona ASEAN.

Musim 2019 ini, Persija, pun bakal kembali tampil di level Asia. Sebagai juara Liga 1 2018, Ismed Sofyan dan kawan-kawan akan tampil di kaulifikasi Liga Champions Asia 2019.

Gede menargetkan, timnya mampu lolos dari kualifikasi dan masuk dalam fase grup kompetisi antar tim juara di kawasan Asia tersebut. Akan tetapi, meski pun gagal, Persija masih punya satu slot tampil di Piala AFC 2019.

Selain memastikan pengisi kursi pelatih musim 2019, manajemen Persija, pun terus memperbarui komposisi pemainnya. Sejumlah penggawa utama dari musim 2018, dipastikan tak diperpanjang kontraknya. Namun Persija, memburu sejumlah pemain pengganti. Pada Sabtu (5/1), Gede memastikan mendatangkan gelandang Bruno Oliveira de Matos dari Brasil.

Eks penggawa PKNS FC di Liga Malaysia itu, sebagai pengganti Renan da Silva yang disetop kontrak bermainnya pada Desember 2018. Bruno, menjadi pemain asing pertama buruan Persija. Namun Persija masih punya buruan pemain lain.

Kabarnya, Macan Kemayoran sedang dalam negosiasi kontrak bermain Anderson Salles. Mantan bek Juventus FC asal Brasil itu, diyakini menggantikan peran Jaimerson Silva yang hengkang.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed http://bit.ly/2LRAMBq

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Persija Pilih Ivan Kolev Gantikan Teco"

Post a Comment

Powered by Blogger.