Search

Lion Air Klaim Pesawat Selalu Diperiksa

Pemeriksaan pesawat dilakukan sesuai prosedur standar operasi yang berlaku.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manajemen Lion Air mengklaim pihaknya selalu memeriksa kondisi pesawat yang akan beroperasi. Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pemeriksaan pesawat dilakukan sesuai prosedur standar operasi (SOP) yang berlaku.

Ia menjelaskan, proses pemeriksaan meliputi pre flight check (pemeriksaan sebelum terbang) dan post flight check (pemeriksaan setelah terbang). Pemeriksaan sebelum terbang dilakukan secara menyeluruh dengan koordinasi antarpilot. "Ketika landing ada transit check. Pengecekkan ini secara menyeluruh terkait kondisi pesawat," kata dia ketika dikonfirmasi Republika.co.id, Selasa (6/11).

Sementara pengecekkan setelah penerbangan selesai, dia mengatakan, dilakukan mulai dari cockpit report dari pilot, cabin crew report, dan pengamatan secara langsung. Menurut dia, sebelum terbang lagi, pilot harus melakukan pengecekkan secara komprehensif mengenai kondisi pesawat.

Selain itu, pilot juga terus melakukan koordinasi dengan teknisi. "Pilot berkoordinasi dengan teknisi terkait kerusakan. Apabila terdapat kerusakan, pilot punya hak untuk menunda keberangkatan dengan alasan keselamatan penerbangan," ujar dia.

Danang menegaskan, Lion Air telah memberikan dokumen terkait kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Pasalnya, KNKT merupakan lembaga yang kompeten untuk melakukan investigasi.

Ihwal pemesanan pesawat Boeing 737 Max 8, Danang juga masih menunggu investigasi KNKT untuk kelanjutannya. "Semua data diserahkan kepada pihak KNKT, dan Lion Air sudah menyerahkan semua data terkait pesawat 737 Max 8," kata dia.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2zvInQh

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lion Air Klaim Pesawat Selalu Diperiksa"

Post a Comment

Powered by Blogger.