Search

Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Indonesia di Grup Sulit

Indonesia satu grup dengan tuan rumah Thailand dan Vietnam.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Pengundian babak kualifikasi Piala Asia U-23 2020 menempatkan timnas Indonesia U-23 dalam grup sulit. Undian yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Rabu (6/11), menempatkan skuat Garuda U-23 di Grup K bersama Vietnam U-23, Thailand U-23, dan Brunei Darussalam U-23.

Mengapa Grup K ini tampak sulit bagi Indonesia? Thailand menjadi tuan rumah gelaran kualifikasi Grup K. Babak kualifikasi akan berlangsung pada 22 sampai 26 Maret 2019 mendatang di 11 negara yang berbeda.

Skuat Gajah Putih sebagai tim tuan rumah di Grup K selama ini memang rival terberat Indonesia. Namun tantangan terbesar saat kualifikasi juga datang dari timnas Vietnam yang menjadi finalis Piala Asia U-23 2018.

Sedangkan timnas Brunei memang tak diunggulkan. Akan tetapi, Piala Asia U-23 2020 hanya mengambil peringkat satu dari setiap grup saat kualifikasi. Ada 44 timnas yang ambil bagian dalam kualifikasi. Sebanyak itu, Federasi Asia (AFC) membaginya ke dalam dua zona. Zona Barat terdiri dari enam grup yang berisikan masing-masing empat negara dan Zona Timur sebanyak lima grup yang juga berisikan empat negara di semua grup.

AFC hanya mengambil 16 tim dari peserta kualifikasi untuk tampil di putaran final Piala Asia U-23 2020 yang juga akan berlangsung di Thailand. Sebelas tim juara grup saat kualifikasi berhak untuk lolos. Lima slot yang kosong sisanya diperuntukan bagi 11 tim runner-up terbaik dari 11 grup saat kualifikasi. Menengok peserta dalam Grup K, jika ingin melaju ke putaran final Piala Asia U-23 2020, Indonesia harus mengakhiri babak kualifikasi sebagai juara grup.

Indonesia pun bisa saja lolos ke putaran final dengan mengambil slot runner-up terbaik dengan persaingan yang sulit dari 10 negara peringkat kedua terbaik lainnya. Namun apapun bisa terjadi dalam sepak bola.

Yang pasti jika Indonesia U-23 berhasil melaju ke putaran final Piala Asia 2020, langkah tersebut memberi peluang bagi skuat Garuda U-23 melaju ke Olimpiade 2022 di Jepang. Sebab AFC menjamin tiga tim teratas di Piala Asia U-23 berhak tampil di ajang pesta ragam olahraga terbesar di dunia tersebut.

Hasil pengundian babak kualifikasi Piala Asia U-23 2020

Zona Barat

Grup A: Qatar, Oman, Nepal, Afganistan

Grup B: Palestina, Bahrain, Bangladesh, Sri Langka

Grup C: Irak, Iran, Turkmenistan, Yaman

Grup D: Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Lebanon, Maladewa

Grup E: Yordania, Suriah, Kirgistan, Kuwait

Grup F: Uzbekistan, Tajikistan, India, Pakistan

Zona Timur

Grup G: Korea Utara, Hong Kong, Singapura, Mongolia

Grup H: Korea Selatan, Australia, Kamboja, Cina Taipei

Grup I: Jepang, Myanmar, Timor Leste, Makau

Grup J: Malaysia, Cina, Laos, Filipina

Grup K: Vietnam, Thailand, Indonesia, Brunei Darussalam

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2PJi8Qv

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Indonesia di Grup Sulit"

Post a Comment

Powered by Blogger.