Search

Ini Alasan Begitu Pentingnya Anak Bermain

Bermain berdampak pada otak dengan melalui korteks prefrontal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah penelitian dari Blue Sky Science (Sebuah kolaborasi dari Wisconsin State Journal dan Morgridge Institute for Research, 2016) menyatakan bahwa bermain sangat penting untuk perkembangan anak di segala hal. Hal ini berdampak pada perkembangan kognitif, perkembangan sosial dan emosional, serta pengembangan bahasa. 

Selain memiliki peran penting untuk perkembangan anak-anak, peran orang tua diperlukan untuk memastikan bahwa alat pendukung disediakan dalam mensukseskan proses ini melalui bermain.

Psikolog & Pendiri TigaGenerasi, Saskhya Aulia Prima, mengatakan, bermain bukan sesuatu yang mewah, namun sebuah keharusan. Bermain berdampak pada otak dengan melalui korteks prefrontal (pusat kendali otak) menjadi lebih besar dan lebih cepat.

Tahap ini akan mempersiapkan otak muda untuk kehidupan, afeksi dan bahkan pekerjaan sekolah. "Itulah alasan mengapa bermain merupakan hal penting untuk perkembangan otak yang sehat,” ucap dia, Jumat (16/11)

Sebagai salah satu mitra Early Learning Centre, rumah psikolog TigaGenerasi menjelaskan ikon pengembangan penting bagi orang tua saat mereka memilih mainan untuk anak-anak mereka. Perkembangan anak dibagi menjadi empat tahap seperti motorik, berpikir, emosi dan sosial dan sensorik.

Sementara itu, Senior Brand Manager Early Learning Center, Mohit Nigam mengatakan mereka mendasarkan bisnisnya sebagai platform untuk menciptakan dunia kegembiraan dan penemuan, di mana bermain dan berkembang berjalan beriringan di kedua tempat, dan sebuah koleksi mainan.

Desainer mainan ELC bekerja dengan para ahli pendidikan, spesialis dan psikolog anak untuk mendatangkan ide-ide besar untuk mainan baru yang membantu tumbuh kembang anak melalui bermain. Selain itu berkomitmen untuk mengembangkan rancangan produk yang unik demi kebutuhan perkembangan anak sangat penting untuk keberhasilan Early Learning Centre.

Tahun ini, Early Learning Centre memperkenalkan 50 mainan edukatif bagi anak-anak, sembari menghabiskan waktu mereka dengan keluarga, bermain di rumah dengan teman dan ketika mereka mengunjungi rumah-rumah saudara. Koleksi mainan khusus liburan dari Early Learning Centre menyediakan beberapa informasi tentang ikon perkembangan anak di setiap produk, dengan cara itu kita dapat menginformasikan orang tua pada manfaat dari mainan selain menyenangkan.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2K76p9i

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Alasan Begitu Pentingnya Anak Bermain"

Post a Comment

Powered by Blogger.