Search

HUT ke-14, DPD akan Terus Perjuangkan Aspirasi Daerah

Indonesia akan disebut makmur dan sejahtera bila daerah telah maju dan sejahtera.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tepat dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14. Di usia ''remajanya'' DPD berupaya untuk terus memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Ketua DPD RI Oesman Sapta mengatakan, dari sisi usia DPD memang masih relatif muda. Namun dari sisi organisasi, usia itu cukup panjang untuk melihat kembali apa yang sudah dikerjakan dalam mengartikulasikan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat di daerah-daerah di nusantara ini.

"DPD RI menyadari bahwa banyak aspirasi masyarakat yang masih perlu diperjuangkan lagi untuk meningkatkan taraf hidup rakyat dalam era demokrasi di tengah globalisasi saat ini," ujar Oesman seperti dalam siaran persnya, Senin (1/10).

Oesman mengatakan, untuk memperjuangkan terpenuhinya aspirasi masyarakat di berbagai daerah diperlukan lembaga perwakilan daerah yang semakin kuat pula, semakin mumpuni dan profesional dalam bekerja. Agar kehadiran DPD bermakna dan bermanfaat bagi bangsa.

Dalam konteks itulah, menurut Oesman, maka Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Perubahan Kedua atas UU MD3, telah memberikan mandat dan tugas kepada DPD RI untuk melakukan pemantauan dan evaluasi atas rancangan Peraturan Daerah dan implementasinya.

Dengan kewenangan baru tersebut, maka DPD RI dapat menjembatani kepentingan daerah dan pusat secara lebih baik lagi, khususnya dalam melakukan pemantauan dan evaluasi atas rancangan Perda di semua daerah, agar tidak lagi berbenturan dengan berbagai peraturan di tingkat pusat.

Sejak kelahirannya, DPD RI menurut Oesman telah mengartikulasikan kepentingan daerah melalui usulan untuk 87 RUU, 256 pandangan dan pendapat, 80 pertimbangan, 9 RUU dalam Prolegnas, dan 11 rekomendasi yang menyangkut kepentingan daerah.

"Harapan kami ke depan, DPD RI akan terus bisa bekerja sama dengan Pemerintah Pusat, jajaran Pemerintah Daerah, dan segenap organisasi komponen bangsa, agar tujuan mulia kita untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat di semua daerah di Indonesia dapat dicapai," katanya.

Menurut Oesman harus diyakini bahwa Indonesia akan disebut makmur dan sejahtera apabila daerah-daerah telah maju dan sejahtera. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka fokus pembangunan harus lebih diarahkan ke kepentingan daerah.

Dalam membuka sambutannya, Oesman juga mengajak semua yang hadir berdoa untuk bencana Palu. Ia juga menyampaikan bela sungkawanya atas musibahyang terjadi.

"Saya mengajak kita semua untuk menundukkan kepala sejenak mendoakan Saudara-saudara kita yang meninggal, juga keselamatan dan kesembuhan bagi saudara kita yang luka-luka dan hilang," kata Oesman.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2DL1ifm

Bagikan Berita Ini

0 Response to "HUT ke-14, DPD akan Terus Perjuangkan Aspirasi Daerah"

Post a Comment

Powered by Blogger.